APA ITU ARSITEKTUR
Definisi yang baik diberikan oleh arsitek Romawi,
VITRUVIUS pada abad pertama masehi dalam buku pertamanya yang berjudul “Ten Books on Architecture”.


APA ITU ARSITEKTUR
Vitruvius berkata bahwa arsitektur adalah
bangunan yang terdiri dari: Utilitas ...
Firmitas … Venustas Kesediaan ...
Kekakuan ... Kesenangan Utilitas ...
Struktur ... Ketertarikan
Guna ... Konstruksi … Tampilan
Fungsi ... Teknologi ... Keindahan
Perbedaan Antara Arsitektur dan Bangunan
Bangunan ≠ Arsitektur
Arsitektur = Desain sebelum Dibangun
Arsitektur adalah DESAIN Bangunan, Ruang dan Lingkungan
Sesuai dengan Kebutuhan Manusia
Menggunakan Teknologi dan Ilmu Pengetahunan,
Dengan Kualitas Estetika
Terapan Teori Vitruvius
UTILITAS
· Kebutuhan
· Fungsi
· Denah
FIRMITAS
· Utama
· Struktur
· Potongan
VENUSTAS
· Seni
· Keindahan
· Tampak
TERAPAN TEORI VITRUVIUS
VENUSTAS
*Seniman
*Pemahat
*Pelukis
UTILITAS ARSITEK FIRMITAS
*T.Elektro *T.Spil
*T.Lingkungan
*T. Mesin
UTILITAS
*Kebutuhan
*Fungsi
*Denah
FIRMITAS
*PERTENGAHAN
*STRUKTUR
*POTONGAN
VENUSTAS
*SENI
*KEINDAHAN
*TAMPAK
UTILITAS
Utilitas sebagai pesan:
TWA terminal ,JK
Utilitas sebagai Tambahan:
Louis Kahn’s Richards Medical Laboratory,
University of Pennsylvanian
FIRMITAS
Firmitas/Struktur akan selalu menjadi bagian dari:
Kemajuan dalam Keahlian Teknik
Ketersediaan dan Kekuatan dari Material
Biaya dari Material
Faktor Geografis dan Historis
Architecture is the adaptation of form to resist force.”
John Ruskin (19th c.)
Arsitektur adalah adaptasi bentuk dalam menahan beban
Semua struktur mencari keseimbangan
Antara gaya tarik dan gaya tekan
Secara tradisional hal ini dapat
dalam dua cara:
* melalui struktur kolom‐balok
* melalui struktur busur
STRUKTUR BALOK DAN KOLOM
STRUKTUR BUSUR
VENUSTA
Apa yang membuat arsitektur itu bagus?
Apakah itu dengan mengekspresikan fungsi
secara jelas dan menarik?
Apakah itu “sesuai” dengan sekelilingnya
(dengan melengkapi atau justru berlawanan
dengannya)?
Apakah desain dan strukturnya yang harus
masuk akal?
Apakah itu menciptakan ruang yang berarti
(menarik, mengejutkan, nyaman,
menyenangkan, mengganggu, dll.)?
Apakah akan kokoh? Sudahkah itu kokoh
Menganalisis Bangunan
Ruang: Solid (masif, pejal) and Void (kosong)
Skala dan Proporsi
Berat & Permassaan
Unsur Pokok Desain (titik, garis, bidang, volume)
Ruang: Solid (masif, pejal) and Void (kosong)
Simetri
Asimetri
Bobot&massa:
Material
Permassaan untuk bobot
Hubungan terhdap permukaan
(tinggi atau rendah?)
Tekstur Warna Ornamentasi Pencahayaan Akustik Konteks
ASIMETRI
No comments:
Post a Comment